Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa masih rendah dan siswa belum termotivasi untuk belajar matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih adalah VIII4 sebagai kelas eksperimen dan VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir. Bentuk tes adalah esai dengan reliabilitas tes adalah r11 = 0,92. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 3,4693 > ttabel = 1,675 sehingga tolak H0 yang berarti terima H1, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Course Review Horay lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Pertiwi 2 Padang.