Pengaruh Penggunaan Teknik Copy The Master terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Duku Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Mella Septia Tama, Mella |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2210/4/11080067%20-%20MELLA%20SEPTIA%20TAMA%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2210/1/Abstrak.docx http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2210/2/Kesimpulan.docx http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2210/3/Daftar%20Pustaka.docx http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2210/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh beberapa hal berikut ini. Pertama,kemampuan menulis naskah drama siswa masih tergolong rendah. Kedua, siswa kurang memahami cara menulis naskah drama karena hal tersebut terlalu banyak membuat siswa kesulitan untuk berpikir. Penelitian ini bertujuan. Pertama,mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 4 Duku Kecamatan Koto XI Tarusan tanpa menggunakan teknik copy the master. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 4 Duku Kecamatan Koto XI Tarusan dengan menggunakan teknik copy the master. Ketiga,mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik copy the master terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMPN 4 Duku Kecamatan Koto XI Tarusan.Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, dengan rancangan penelitian The Randomized Posttest Only Control Group.Populasi dalampenelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Duku Kecamatan Koto XI Tarusan yang terdaftar pada 2016/2017 yang berjumlah 122 orang. Sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII.2 (kelas kontrol) yang berjumlah 25 orang dan siswa kelas VIII.3 (kelas eksperimen) yang berjumlah 25 orang. Variabel penelitian ini adalah penggunaan teknik copy the master sebagai variabel bebas dan kemampuan menulis naskah drama sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor menulis naskah drama tanpa menggunakan teknik copy the master dan dengan menggunakan teknik copy the master. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal berikut ini. Pertama, kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII.2 SMP Negeri 4 Duku Kecamatan Koto XI Tarusan tanpa menggunakan teknik copy the master dengan nilai rata-rata 70,66 pada kualifikasi Lebih dari Cukup(LdC).Kedua,kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII.3 SMP Negeri 4 Duku Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan teknik copy the master dengan nilai rata-rata 78,13 pada kualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan teknik copy the master terhadap kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Duku Kecamatan Koto XI Tarusan Kabupaten Pesisir Selatan dengan thitung 1,80 > ttabel 1,71. Dengan kata lain,H1 diterima dan H0 ditolak.