Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Lubuk Basung

Main Author: Susi, Susana
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2207/4/13080149%20SUSI%20SUSANA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2207/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2207/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2207/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2207/
Daftar Isi:
  • Susi Susana (NPM 13080149), Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) Terhadap Kemampuan Menulis Teks Pidato Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Lubuk Basung. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia STKIP PGRI Sumatera Barat, Padang 2017 Penelitian ini dilatarbelakangi oleh tiga masalah, yaitu (1) siswa kesulitan memahami materi yang disampaikan. (2) guru lebih sering menjelaskan materi dan langsung penugasan. (3) motivasi dalam menulis teks pidato tidak ada, karena siswa tidak paham dengan unsur menulis teks pidato. (4) sehingga penerapan beberapa model tidak efektif digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan, (1) kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 3 Lubuk Basung sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Centered Learning (PCL), (2) kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 3 Lubuk Basung sesudah menggunakan model pembelajaran (PCL) (3) pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 3 Lubuk Basung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Pre-eksperimen. Rancangan penelitian ini adalah One Group Pretest-Posstest Desaign. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X.5 SMA Negeri 3 Lubuk Basung yang berjumlah 28 siswa. Data dianalisis dan kemudian dilakukan uji-t untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 3 Lubuk Basung. Data dalam penelitian ini adalah lembaran hasil kerja kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 3 Lubuk Basung sebelum dan sesudah penggunaan model pembelajaran Problem Centered Learning (PCL). Hasil penelitian ini adalah Pertama, kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 3 Lubuk Basung sebelum menggunakan model pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) memperoleh nilai rata-rata 64,27 berada pada rentangan 56-65% berkualifikasi cukup. Kedua, kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 3 Lubuk Basung sesudah menggunakan model pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) memperoleh nilai rata-rata 77,37 berada pada rentangan 76-85% berkualifikasi baik. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran Problem Centered Learning (PCL) terhadap kemampuan menulis teks pidato siswa kelas X SMA Negeri 3 Lubuk Basung karena thitung ( ) > ttabel (1,70).