Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Concept Sentence Terhadap Kemampuan Menulis Teks Cerita Pendek Siswa Kelas XI MAN 2 Pasaman Barat
Main Author: | Purnama, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2200/4/13080147%20PURNAMA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2200/2/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2200/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2200/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2200/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini Pertama, kemampuan siswa dalam memahami teks cerita pendek masih renah dan nilai yang diperoleh masih berada dibawah KKM. Kedua, saat proses pembelajaran berlangsung siswa kurang memperhatikan materi. Ketiga, guru dalam mengajarkan teks cerita pendek hanya menjelaskan materi dan member latihan. Keempat, Kurangnya sarana dan prasarana seperti buku-buku pelajaran. Kelima, siswa kesulitan dalam menentukan tema, struktur teks cerita pendek dan kaidah teks cerita pendek. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah The Randomized Posttest Only Control Group. Adapun sampel dalam penelitian adalah siswa keals XI MAN 2 Pasaman Barat sebanyak 134 orang. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan kemampuan menulis teks cerita pendek siswa tanpa menggunakan model pembelajaran concept sentence. Kedua, mendeskripsikan kemampuan siswa dengan menggunakan model pembelajaran conceept sentence. Ketiga, Menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran concept sentence terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI MAN 2 Pasaman Barat. Variabel dalam penelitian ini ada dua variabel yaitu variabel bebas (X) Concept Sentence dan variabel terikat (Y) kemampuan menulis teks cerita pendek. Data dalam penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja hasil kemampuan menulis teks ceritaa pendek tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran Concept Sentence siswa kelas XI MAN 2 Pasaman Barat. Hasil penelitian ini adalah pertama, kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI MAN 2 Pasaman Barat tanpa menggunakan model pembelajaran concept sentence memperoleh nilai rata-rata kelas 63,44 yang berkualifikasi Lebih dari Cukup (LDC). Kedua, kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI MAN 2 Pasaman Barat dengan menggunakan model pembelajaran concept sentence nilai rata-rata 80,37 yang berkualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran concept sentence terhadap kemampuan menulis teks cerita pendek siswa kelas XI MAN 2 Pasaman Barat karena thitung > ttabel (7,36 > 1,67).