Daftar Isi:
  • Proses pembelajran di SMAN 15 siswa hanya terpusat pada guru, kurang inisiatif siswa dalam bertanya, jika diadakan diskusi kelompok. Siswa berpikir mata pelajaran biologi merupakan mata pelajaran yang sulit. Hal ini berdampak kurang optimalnya kemampuan berpikir siswa, sehingga selama proses pembelajaran berlangsung hanya sebagian siswa yang aktif dalam belajar. Hal ini mengakibatkan rendahnya hasil belajar siswa dibawah ketuntasan kriteria minimal (KKM). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran Group Investigation (GI) terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 15 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan Random Control- Group Only Design pada pengambilan sampel dilakukan secara Purposive sampling. Didapatkan kelas eskperimen XI IPA 5, kelas kontrol XI IPA 2. Instrumen dalam penelitian ini pada ranah afektif berupa lembar penilaian diri dan penilaian antarteman. Instrumen pada ranah kognitif berupa soal pilihan ganda yang telah divalidasi, pada ranah psikomotor berupa laporan dari hasil diskusi siswa. Teknik analisis data yang digunakan pada ranah afektif dan kognitif dan psikomotor adalah dengan menggunakan uji . Hasil belajar biologi siswa pada ranah kognitif diperoleh, nilai rata-rata ketuntasan siswa kelas eksperimen 80.22 dan kelas kontrol 71.70. Adapun hasil perhitungan yaitu t =2.23 dan t( , )( ) = 1.67. Dari uji hipotesis diatas diperoleh bahwa t > t( , )( ), maka H diterima. Pada ranah afektif yang penilaian diri dan antarteman rata-rata siswa kelas eksperimen 90.13 dan kelas kontrol 86.24, dimana hasil uji hipotesis untuk hasil uji penilaian diri didapatkan bahwa t = 1.83 dan t = 1.67, dari uji hipotesis diatas diperoleh bahwa t > t berarti H diterima. Untuk penilaian antarteman hasil uji hipotesis di peroleh bahwa t = 1.84 dan t = 1.67, dari uji hipotesis diatas diperoleh bahwa t > t berarti H diterima. Sedangkan pada ranah psikomotor, hasil rata-rata siswa di kelas eksperimen 89.74 dan di kelas kontrol 80.91. Dimana hasil uji hipotesis didapatkan bahwa t = 7.11 dan t = 1.67, dari uji hipotesis diatas diperoleh bahwa t > t berarti H diterima. Berdasarkan rata-rata hasil belajar biologi dari ketiga ranah tersebut berpengaruh maka H1 diterima. Dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran Group Investigation (GI) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas XI di SMAN 15 Padang.