Pengaruh Penggunaan Model PembelajaranKooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) Berbantuan Media Gambar terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi
Main Author: | Ika, Susilawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2198/4/13080146%20IKA%20SUSILAWATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2198/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2198/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2198/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2198/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi sebagai berikut. Masalah yang ditemui adalah pertama, siswa belum terampil menulis argumentasi. Kedua, siswa kurang bersemangat jika belajar secara mandiri. Ketiga, siswa masih kesulitan dalam menuangkan ide atau gagasan dalam menulis argumentasi. Keempat, sarana dan prasarana di sekolah kurang memadai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah prates-pascates kelompok kontrol tanpa acak. Teknik pengambilan sampel penelitian ini dengan teknik simple random sampling, pengambilan sampel dilakukan dengan cara mencari standar deviasi, standar deviasi yang paling rendah dan nilai berdekatan dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah dua kelas, kelas kontrol dan kelas eksperimen.Variabel dalam penelitian ini ada dua sebagai berikut, variabel bebas (X) dan variabel terikat (Y). Data dalam penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja hasil kemampuan menulis argumentasi tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) berbantuan media gambar siswa kelas X SMA negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariaman. Hasil penelitian ini adalah (a) pascates kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariman tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) berbantuan media gambar memperoleh nilai rata-rata kelas 63,17 yang berkualifikasi cukup, (b) pascates kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariman dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) berbantuan media gambar nilai rata-rata kelas 80,10 yang berkualifikasi Baik, (c) terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Anai Kabupaten Padang Pariamn karena thitung > ttabel ( > 1,67).