“Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Keterampilan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Batang Kapas”
Main Author: | Metri, Jaswita |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2196/4/13080140%20METRI%20JASWITA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2196/3/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2196/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2196/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2196/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertama, model pembelajaran yang digunakan guru kurang bervariasi. Kedua, terbatasnya media pembelajaran dan sarana prasarana di sekolah. Ketiga, siswa belum terampil menulis berita disebabkan kurangnya minat siswa dalam menulis berita. Keempat, siswa kurang memahami unsur-unsur yang ada dalam berita dan penguasaan kosakta siswa masih terbatas untuk merangkai kalimat perkalimat. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP 4 Batang Kapas tanpa menggunakan model pembelajaran teams games tournament. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Batang Kapas dengan menggunakan model pembelajaran think teams games tournament. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh model teams games tournament berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Batang Kapas Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan rancangan penelitian two group randomized post-test only control group design. Adapun sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII Negeri 4 Batang Kapas yang terdaftar pada semester 1 tahun pelajaran 2016/2017 sebanyak 88 orang. Instrumen penelitian ini adalah tes unjuk kerja menulis berita tanpa dan dengan menggunakan model teams games tournament berbantuan media audio visual. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-hal berikut, pertama, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Batang Kapas tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berkualifikasi Cukup (C) dengan rata-rata-rata 62,77 berada pada rentangan 56%-65%. Kedua, keterampilan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Batang Kapas dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament berkualifikasi baik (B) dengan rata-rata 81,10 berada pada rentangan 76%-85%. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan tanpa menggunakan model kooperatif tipe teams games tournament dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament. Hasil uji-t pada taraf kepercayaan 95% ( =0,05) thitung>ttabel (6,67>1,67) dengan demikian H1 diterima. Berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament terhadap keterampilan menulis berita.