Faktor yang Mempengaruhi Moral Peserta Didik di Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang (Studi pada Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 13 Padang)

Main Author: Dadang, Pernando
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2188/2/SKRIPSI%20FULL.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2188/5/ABSTRAK.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2188/3/BAB%20V%20PENUTUP.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2188/4/DAFTAR%20PUSTAKA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2188/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang melakukan tindakan yang melanggar moral yaitu adanya peserta didik yang melanggar peraturan sekolah, berbohong kepada orang tua, tidak menghormati guru, tidak serius dalam belajar, meminta uang kepada teman secara paksa, bolos sekolah dan memainkan HP disaat pelajaran berlangsung. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Faktor internal yang mempengaruhi moral peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Padang, (2) Faktor ekternal yang mempengaruhi moral peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Padang. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 13 Padang, jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif dengan populasi seluruh peserta didik kelas VIII sebanyak 288 peserta didik. Penarikan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik propotional random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 60 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik persentase. Hasil penelitian ini ditemukan bahwa faktor yang mempengaruhi moral peserta didik kelas VIII SMP Negeri 13 Padang, menyatakan: 1. Faktor internal dinyatakan berkategori sangat baik, sedangkan 2. Dari faktor ekternal dapat dikategorikan juga sangat baik. Jadi dari hasil tersebut dapat direkomendasikan kepada guru BK agar dalam merencanakan program BK untuk tahun-tahun berikutnya diperbanyak materi-materi tentang moral yang berhubungan dengan belajar.