Pengaruh Bimbingan Belajar terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VIII di MTsN Talaok Bayang Painan
Main Author: | Abduh Purnama, Putra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2185/4/ABDUH%20PURNAMA%20PUTRA%2012060162%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2185/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2185/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2185/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2185/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi masih rendahnya motivasi belajar peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan 1) Bimbingan belajar peserta didik kelas VIII di MTs N Talaok Bayang Painan 2) Motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTs N Talaok Bayang Painan 3) Pengaruh bimbingan belajar terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTs N Talaok Bayang Painan. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif dengan analisis regresi liner sederhana. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII di MTsN Talaok Bayang Painan Kabupaten Pesisir Selatan sebanyak 99 peserta didik kelas VIII. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan proportional random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 55 peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket, sedangkan untuk analisis data digunakan teknik analisis skor interval, Regresi liner sederhana menggunakan SPSS versi 20. Berdasarkan hasil analisis data yang telah dilakukan terungkap bahwa: 1) Gambaran bimbingan belajar berada pada kategori cukup baik, 2) Gambaran motivasi belajar berada pada kategori cukup baik, 3) Pengaruh bimbingan belajar terhadap motivasi belajar peserta didik kelas VIII di MTsN Talaok Bayang Painan Kabupaten Pesisir Selatan signifikansi 0,189>0,05, maka Ha diterima. Penelitian ini di rekomendasikan kepada guru BK dan wali kelas agar dapat membantu dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik.