Peran Guru BKMengatasiPeserta Didik Conduct Disorder dalam Layanan Konseling Perorangan di SMP Negeri6 Padang
Main Author: | Yiying Ampiza, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2184/4/YIYING%20AMPIZA%20PUTRI%2013060136%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2184/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2184/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2184/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2184/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilator belakangi oleh kurangnya peran guru BK mengatasi peserta didik conductdisorder di SMP Negeri 6Padang. Tujuan dari penelitian adalah mendeskripsikan:1) Peran guru BK pada peserta di dikconductdisorder dalam mengurangi perilaku yang tidak diinginkan melalui konseling perorangan, 2) Peranguru BK pada peserta didik conductdisorder dalam meningkatkan perilaku yang diinginkan melalui konseling perorangan. Penelitian ini dilakukan dengan metode kualitatif dengan jenis deskriptif dengan 2 orang informan kunci dan 2 orang informan tambahan. Data dikumpulkan melalui wawancara,teknik yang digunakan dalam pengolahan data yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran guru BK mengatasi peserta didik conductdisorder dalaml ayanan konseling perorangan di SMP Negeri 6 Padang diketahui bahwa: 1)Peran guru BK terhadap peserta didik conduct disorder dalam mengurangi perilaku yang tidak diinginkan melalui konseling perorangan sudah dilaksanakan dimana guru BK menerapkan teknik konfrontasi, teknik tiada maaf, teknik pemberian informasi dan teknik pemberian nasehat untuk mengurangi perilaku yang tidak diinginkan pada peserta didik conduct disorder,2) Peranguru BK terhadap peserta didik conductdisorder dalam meningkatkan perilaku yang diinginkan melalui konseling perorangan dimana guru BK menerapkan teknik sensitisisasi,teknik merumuskan tujuandanteknik pemberian penguatan untuk meningkatkan perilaku yang diinginkan pada peserta didik conductdisorder. Berdasarkan temuan peneliti ini dapat direkomendasikan kepada guru BK untuk dapat mengatasi peserta didik c onductdisorder melalui layanan konseling lainnya.