Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang kurang lancar mengaji, peserta didik yang menipu temannya sendiri, peserta didik yang mudah putus asa, peserta didik yang bolos sekolah, peserta didik yang pesimis, peserta didik yang ceroboh, peserta didik yang tidak bisa beradaptasi dengan lingkungan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan 1) Profil karakter cerdas peserta didik dilihat dari beriman dan bertakwa, 2) Profil karakter cerdas peserta didik dilihat dari jujur.3) Profil karakter cerdas peserta didik dilihat dari cerdas, 4) Profil karakter cerdas peserta didik dilihat dari tangguh, 5) Profil karakter cerdas peserta didik dilihat dari peduli. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian adalah 291 peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Sungai Limau dengan sampel 74 peserta didik yang dipilih dengan teknik proportional random sampling. Instrumen yang digunakan yaitu angket. Sedangkan untuk analisis data menggunakan teknik persentase. Berdasarkan hasil analisis data tentang profil karakter cerdas peserta didik di Kelas XI SMA Negeri 1 Sungai Limau Kabupaten Padang Pariaman yang telah dilakukan terungkap bahwa: 1) Profil karakter cerdas peserta didik dilihat dari beriman dan bertakwa berada pada kategori cukup baik, 2) Profil karakter cerdas peserta didik dilihat dari jujur berada pada kategori cukup baik.3) Profil karakter cerdas peserta didik dilihat dari cerdas berada pada kategori cukup baik, 4) Profil karakter cerdas peserta didik dilihat dari tangguh berada pada kategori cukup baik, 5) Profil karakter cerdas peserta didik dilihat dari peduli berada pada kategori cukup baik. Hasil penelitian ini direkomendasikan pada peserta didik agar meningkatkan karakter cerdasnya sehingga masing-masing indikator kecerdasan juga meningkat.