Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya peserta didik yang memiliki persepsi yang tidak baik tentang fungsi layanan penguasaan konten. Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui: (1) Persepsi peserta didik tentang fungsi pemahaman layanan penguasaan konten kelas XI di SMAN 1 Pasaman.(2) Persepsi peserta didik tentang fungsi pencegahan layanan penguasaan konten kelas XI di SMAN 1 Pasaman. (3) Persepsi peserta didik tentang fungsi pengentasan layanan penguasaan konten kelas XI di SMAN 1 Pasaman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalahsebanyak 322 orang peserta didik kelas XI di SMAN 1 Pasaman. Teknik pengambilan sampel dilakukan dengan propotional random sampling. Jumlah sampel dalam penelitian ini 76 orang peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah angket. Sedangkan untuk analisis data digunakan teknik persentase. Hasilpenelitianinimengungkap: (1) Persepsi peserta didik tentang fungsi pemahaman layanan penguasaan konten berada pada kriteria baik. (2) Persepsi peserta didik tentang fungsi pencegahan layanan penguasaan konten berada pada kriteria baik. (3) Persepsi peserta didik tentang fungsi pengentasan layanan penguasaan konten berada pada kriteria baik. Berdasarkan temuan penelitian ini direkomendasi kepada pihak yang terkait yaitu peserta didik untuk mempertahankan persepsi baik tentang fungsi layanan penguasaan konten.