Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa Kelas X SMAN 1 Pancung Soal Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Silvia, Gustari
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/218/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/218/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/218/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/218/4/13010132%20SILVIA%20GUSTARI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/218/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan antara lain, dalam proses pembelajaran guru hanya menggunakan metode pembelajaran tanya jawab dan diskusi kelompok saja, kurangnya kerjasama dan tanggung jawab siswa saat diskusi berlangsung, dan masih banyak siswa yang tidak mengeluarkan pendapat, mengajukan pertanyaan ataupun menjawab pertanyaan, serta sebagian siswa sulit memahami materi biologi terutama pada materi virus. Dampaknya hasil belajar siswa menjadi rendah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut sehingga diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada ranah afektif berupa penilaian observer, kognitif berupa soal pilihan ganda, dan psikomotor berupa penilaian hasil laporan diskusi siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW). Jenis penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan menggunakan model desain Randomized Control-Group Postes Only Design. Instrumen yang digunakan pada ranah afektif berupa penilaian observer, pada ranah kognitif berupa soal pilihan ganda dan instrumen pada ranah psikomotor berupa penilaian hasil laporan diskusi siswa. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Pancung Soal yang terdiri dari 7 kelas. Teknik pengambilan sampel dengan purposive sampling didapatkan kelas eksperimen X4, kelas kontrol X5 dan data dianalisis dengan menggunakan Uji-t Berdasarkan hasil penelitian didapat rata-rata hasil belajar siswa pada ranah afektif kelas eksperimen 78,43 dengan predikat (B) dan kelas kontrol 67,29 dengan predikat (C). Pada ranah kognitif hasil tes akhir siswa kelas eksperimen adalah 67,93 dengan predikat (C) dan kelas kontrol 61,76 dengan predikat (C). Pada ranah psikomotor melalui laporan lembar diskusi pada kelas eksperimen 79,53 dengan predikat (B) dan kelas kontrol 75,27 dengan predikat (B). Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write (TTW) dapat berpengaruh baik terhadap hasil belajar pada ranah psikomotor, akan tetapi pada ranah afektif dan kognitif tidak berpengaruh baik terhadap hasil belajar siswa.