EfektivitasBimbingan Kelompok dalam Perencanaan Karir Peserta Didik di Kelas XI SMA Negeri 2 Lubuk Basung
Main Author: | Metha Rezkyani, Eka |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2178/4/METHA%20REZKYANI%20EKA%20PUTRI%2013060051%20%28SKRIPAI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2178/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2178/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2178/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2178/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya peserta didik yang bingung memilih karir yang berhubungan dengan perencanaan karir yang telah diberikan guru BK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat: 1) Perencanaan karir peserta didik sebelum melakukan layanan bimbingan kelompok, 2) Perencanaan karir peserta didik setelah melakukan layanan bimbingan kelompok, 3) Efektivitas bimbingan kelompok dalam perencanaan karir peserta didik sebelum dan sesudah diberikan bimbingan kelompok. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan rancangan one group pre-test and post-test design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 10 orang peserta didik. Untuk penerikan sampel digunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 10 peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sedangkan untuk analisa data digunakan uji t-test. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: (1)Perencanaan karir peserta didik sebelum diberikan bimbingan kelompok berada pada kriteria kurang baik,(2) Perencanaan karir peserta didik sesudah diberikan bimbingan kelompok berada pada kriteria cukup baik,(3) Efektivitas pelaksanaan bimbingan kelompok dalam meningkatkan perencanaan karir peserta didik dilihat dari hasil analisis dapat terlihat adanya perbedaan yang signifikan antara perencanaan karir peserta didik sebelum dan sesudah melakukan bimbingan kelompok, karena pre-test dan post-test terjadi perbedaan yang signifikan t-tes-7,124, apabila -thitung lebih kecil dari -ttabel (-7,124 < -2,26216) maka terdapat perbedaan yang signifikan. Berarti H0 ditolak dan Ha diterima, artinya layanan bimbingan kelompok mampu memberikan peningkatan perencanaan karir peserta didik. Hasil penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik agar dapat merencanakan karirnya dan guru BK agar memberikan layanan lebih banyak lagi tentang pentingnya perencanaan karir kepada peserta didik.