Hubungan Motivasi Belajar Peserta Didik dengan Minat Melanjutkan Ke Perguruan Tinggi Peserta Didik (Studi di SMA Negeri 1 Timpeh Kabupaten Dharmasraya)

Main Author: Andri, Julianto
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2174/4/ANDRI%20JULIANTO%2013060004%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2174/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2174/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2174/2/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2174/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya anggapan bahwa setelah lulus perguruan tinggi belum tentu langsung mendapat pekerjaan bahkan ada yang menganggur, adanya anggapan peserta didik kalau kuliah itu sulit, adanya anggapan kuliah hanya menghabiskan uang. Pandangan ini mengurangi minat peserta didik melanjutkan ke perguruan tinggi. Tujuan penelitian ini menggambarkan: 1)Motivasi belajar peserta didik, 2) Minat melanjutkan ke perguruan tinggi, 3)Hubungan motivasi belajar peserta didik dengan minat melanjutkan ke perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif korelasinal. Populasi penelitian ini adalah 73 peserta didik, sedangkan sampel penelitian sebanyak 73 peserta didik dipilih berdasarkan teknik total sampling, pengumpulan data menggunakan angket, analisa yang digunakan adalah statistik deskriptif dengan analisis korelasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh: 1) Motivasi belajar peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Timpeh berada pada kategori cukup tinggi. 2) Minat melanjutkan ke perguruan tinggi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Timpeh berada pada kategori cukup tinggi. 3) Hubungan motivasi belajar peserta didik dengan minat melanjutkan ke perguruan tinggi peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Timpeh yaitu rhitung 0,505 dan rtabel 0,166 pada taraf signifikansi 0,05 dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan signifikan yang menunjukkan arah hubungan positif dengan koefisien kuat. Penelitian ini direkomendasikan kepada peserta didik supaya melanjutkan sekolahnya ke jenjang perkuliahan dan Guru BK meningkatkan motivasi belajar peserta didiknya, serta mendorong peserta didik untuk melanjutkan ke perguruan tinggi.