Efektivitas Penggunaan Media Power Point dalam Meningkatkan Minat Peserta Didik untuk Mengikuti Layanan Informasi di Kelas VIII SMP Negeri 1 Lubuk Basung
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi kurangnya minat peserta didik dalam mengikuti layanan informasi. Hal ini disebabkan oleh kurangnya pemanfaatan media oleh guru BK. Sehubungan dengan hal tersebut penelitian ini bertujuan (1) Menguji minat peserta didik dalam mengikuti layanan informasi sebelum diberikan media power point (2) Menguji minat peserta didik dalam mengikuti layanan informasi sesudah diberikan media power point (3) Menguji efektivitas penggunaan media power point dalam meningkatkan minat peserta didik untuk mengikuti layanan informasi. Penelitian ini menggunakan pendekatan quasi eksperimen dengan rancangan one group pre-test and post-test design. Populasi pada penelitian ini berjumlah 258 orang peserta didik. Untuk penarikan sampel digunakan teknik purposive sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini adalah 33 orang peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner. Sedangkan untuk analisa data menggunakan rumus interval dan t-test dengan program IBM SPSS. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa: Minat peserta didik untuk mengikuti layanan informasi (1) Sebelum menggunakan media power point berada pada kriteria kurang baik (2) Sesudah menggunakan media power point berada pada kriteria cukup baik (3) Efektifnya penggunaan media power point dalam meningkatkan minat peserta didik untuk mengikuti layanan informasi dilihat dari perbedaan hasil pretest dan posttest yaitu nilai t-tes 5,677, apabila - thitung lebih kecil dari -ttabel (5,677 < 2,369) maka terdapat perbedaan yang signifikan. Hasil penelitian ini merekomendasikan kepada guru BK agarmenggunakan media power point dalam pemberian layanan informasi.