Daftar Isi:
  • Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: (1) pengaruh variasi produk terhadap keputusan pembelian konsumen. (2) pengaruh kemasan terhadap keputusan pembelian. (3) pengaruh kepercayaan terhadap keputusan pembelian. (4) pengaruh fasilitas terhadap keputusan pembelian. (5) pengaruh variasi produk, kemasan, kepercayan dan fasilitas secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan 13 Januari 2018. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh pelanggan kerupuk jangek Buk Kai. Sampel berjumlah 100 responden dengan teknik pengambilan sampel berupa purposive sampling dengan teknik analisis deskriptif dan induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) variasi produk berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X1) sebesar 0,557. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 8,478 > ttabel sebesar 1,98. (2) kemasan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X2) sebesar 0,263. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 6,491 > ttabel sebesar 1,98. (3) kepercayaan berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X3) sebesar 0,325. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 5,043 > ttabel sebesar 1,98. (4) fasilitas berpengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X4) sebesar 0,442. Nilai koefisien regresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 4,570 > ttabel sebesar 1,98. (5) variasi produk, kemasan, kepercayaan dan fasilitas berpengaruh secara bersama-sama terhadap keputusan pembelian konsumen. Dimana diperoleh nilai Fhitung 112,573 > Ftabel 2,47. Berdasarkan hasil penelitian maka penulis menyarankan, (1) diharapkan kepada pihak manajemen Kerupuk Jangek Buk Kai agar lebih menambahkan variasi produknya baik dalam segi rasa maupun desainnya agar konsumen tidak merasa cepat bosan akan variasi produk yang ditawarkan. (2) diharapkan kepada pihak manajemen Kerupuk Jangek Buk Kai agar selalu meningkatkan kualitas pada kemasan, kemasan yang lebih berkualitas agar ketahanan pada produk kerupuk jangek terjaga gurih dan renyahnya produk. (3) diharapkan kepada pihak manajemen Kerupuk Jangek Buk Kai agar meningkatkan reputasi yang sudah dimiliki usaha ini untuk terus meningkatkan dengan cara meningkatkan kesadaran konsumen akan manfaat serta kegunaan kerupuk jangek dibandingkan jenis kerupuk biasa yang dijual di pasaran. (4) diharapkan kepada pihak manajemen Kerupuk Jangek Buk Kai agar semakin meninjau kelayakan fasilitas serta penambahan fasilitas penunjang pada dalam toko maupun luar toko agar konsumen merasa nyaman serta menarik konsumen untuk membeli ataupun melihat produk kerupuk jangek ke toko.