Pengaruh Promosi, Kualitas Pelayanan, Lokasi, dan Persepsi Harga Terhadap Keputusan Mahasiswa Memilih Kuliah Di Program Studi Pendidikan Ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat
Main Author: | Shinta, Putri |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2018
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2160/4/skripsi%20shinta.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2160/3/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2160/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2160/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2160/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh promosi, kualitas pelayanan, lokasi, dan persepsi harga secara parsial dan simultan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di program studi pendidikan ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif, asosiatif dan induktif. Populasi dari penelitian ini adalah 162 orang dan sampel penelitian ini adalah mahasiswa program studi pendidikan ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat angkatan 2017 yang berjumlah 116 orang. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi berganda dengan bantuan program SPSS versi 16.0 dan Eviews versi 9. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Promosi berpengaruh positif dansignifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di prodi pendidikan ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,839. Nilai ini signifikan karena nilai thitung 17,080 > ttabel 1,65857 sedangkan nilai signifikansi 0,000 < 0,05. 2) Kualitas Pelayanan yang bertanda positif tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di prodi pendidikan ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,026. Nilai ini tidak signifikan karena nilai thitung 0,671 < ttabel 1,65857 sedangkan nilai signifikansi 0,504 > 0,05 3) Lokasi yang bertanda negatif tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di prodi pendidikan ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,064. Nilai ini tidak signifikan karena nilai thitung 1.366 < ttabel 1,65857 sedangkan nilai signifikan 0,175 > 0,05. 4) Persepsi Harga yang bertanda negative tidak berpengaruh signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di prodi pendidikan ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat dengan nilai koefisien regresi sebasar 0,051. Nilai ini tidak signifikan karena thitung 0,846 < ttabel 1,65857 sedangkan nilai signifikan 0,400 > 0,05. 5) Promosi, kualitas pelayanan, lokasi, dan persepsi harga secara bersama-sama berpengaruh positif dan signifikan terhadap keputusan mahasiswa memilih kuliah di program studi pendidikan ekonomi STKIP PGRI Sumatera Barat. Berdasarkan hasil analisis dapat dilihat bahwa nilai Fhitung 82,777 > Ftabel 2,45 dan nilai signifikan 0,000 < 0,05. Hal ini berarti H0 ditolak dan Ha diterima. Adapun saran yang bisa diberikan antara lain kepada perguruan tinggi STKIP PGRI Sumatera Barat agar selalu menjaga nama baik dalam segala bidang, sehingga apa bila pada proses penerimaan mahasiswa baru, calon mahasiswa banyak yang mendaftar.