PengaruhPengaruh Lingkungan Keluarga, Fasilitas Pendidikan, Internet, Dan Self Esteem Terhadap Kenakalan Remaja Di SMPN 29 Padang
Main Author: | Nurmawasih Siringo-ringo, Siringo-ringo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2157/4/NURMAWASIH%20SIRINGO-RINGO%20-13090272%20%28SKRIPSI%29.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2157/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2157/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2157/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2157/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis: 1)pengaruh lingkungan keluarga terhadap kenakalan remaja2) pengaruh fasilitas pendidikan terhadap kenakalan remaja, 3)pengaruh internet terhadap kenakalan remaja4) pengaruh self esteem terhadap kenakalan remaja 5) pengaruh lingkungan keluarga, fasilitas pendidikan, internet dan self esteem bersama-sama mempengaruhi kenakalan remaja.WaktupenelitianinidilakukanpadabulanJuli2017. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif asosiatif. Populasi penelitian ini adalahseluruh siswa kelas VII dan VIII. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan metode Propotional Random Samplingyangdijadikan sampel dalam penelitian ini sebanyak 222siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan analisis induktif, dengan bantuan program SPSS versi 16.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: Pertama,lingkungan keluargaberpengaruh signifikan terhadap kenakalan remaja. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,096. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung2,165>ttabel sebesar 1,97190. Artinya apa bila lingkungan keluarga meningkat sebesar 1%, maka kenakalan remaja akan menurun sebesar 0,422 dalam setiap satuannya. Kedua, fasilitas pendidikan berpengaruh signifikanterhadap kenakalan remaja. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,255. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung2,524 >ttabel sebesar 1,97190. Artinya apabila fasilitas pendidikan meningkat sebesar 1%, maka kenakalan remaja akan menurun sebesar 0,255 dalam setiap satuannya. Ketiga, internet berpengaruh signifikan terhadap kenakalan remaja. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisiens ebesar 0,156. Nilai koefisien ini signifikan karena nilai thitung2,705 >ttabel sebesar 1,97190. Artinya apabila internet meningkat sebesar 1%, maka kenakalan remaja akan menurun sebesar 0,422 dalam setiap satuannya. Keempat, self esteem berpengaruh signifikan terhadap kenakalan remaja. Dimana ditunjukkan oleh nilai koefisien sebesar 0,108. Nilaikoefisieninisignifikankarena nilai thitung9,354 >ttabel sebesar 1,97190. Artinya apabila self esteem meningkat sebesar 1%, maka kenakalan remaja akan menurun sebesar 0,108 dalam setiap satuannya.Hal iniberarti Haditerimadan H0ditolak. Untuk menurunkan kenakalan remaja, lingkungan keluargaharus memberikan perhatian lebih kepada anak, pihak sekolah sebaiknya memenuhi fasilitas pendidikan, serta siswa sebaiknya menggunakan internet sebagai media pembelajaran yang membantu materi dibuku dan siswa sebaiknya lebih meningkatkan harga diri atau self esteem di SMP N 29 Padang.