Daftar Isi:
  • Penelitian dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah, jika diberikan soal latihan sebagian siswa tidak mampu untuk mengerjakan soal tersebut. Salah satu usaha meningkatkan pemahaman konsep matematis siswa adalah dengan menerapkan Teknik One to One disertai Speed Test. Penelitian ini bertujuan untuk 1). Mengetahui bagaimanakah perkembangan pemahaman konsep matematis siswa di kelas eksperimen, 2). Mengetahui Apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan teknik One to One disertai Speed Test lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada kelas VIII MTsN VI Padang. Jenis penelitian adalah eksperimen. Populasinya adalah seluruh siswa kelas VIII MTsN VI Padang Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas VIII.11 sebagai kelas eksperimen dan VIII.13 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Speed Test setiap kali pertemuan pada kelas eksperimen dan tes akhir pemahaman konsep. Bentuk tes yang digunakan adalah essai dengan reliabilitas tes adalah = . Berdasarkan nilai Speed Test terjadi peningkatan pemahaman konsep matematis siswa disetiap pertemuan kecuali dari pertemuan I ke II, berikut rata Speed Test pertemuan I 80,18, pertemuan II 79,81, pertemuan III 84.81, pertemuan IV 84,89. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah adalah uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung = 2.02 dan ttabel = 1.67 maknanya ,thitung > ttabel maka tolak . Sehingga hipotesis diterima dengan taraf nyata α = 0.05 Jadi, dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan teknik One to One disertai Speed Test lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional kelas VIII MTsN VI Padang.