Pengaruh Tingkat Pendidikan Orang Tua, Kompetensi Guru dan Lingkungan Sekolah Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA N 1 Sungai Geringging

Main Author: Sopian, Hutabarat
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2145/4/12090146%20-%20SOPIAN%20HUTABARAT%20%28SKRIPSI%29.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2145/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2145/1/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2145/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2145/
Daftar Isi:
  • Peneli tian ini bertujuan untuk menganalisis:1)pengaruh pendidikan orang tau terhadap motivasi belajar. 2) pengaruh kompetensi guru terhadap motivas ibelajar. 3) pengaruh lingkungan sekolah terhadap motivas ibelajar. 4) pengaruh pendidi kan orang tua, kompetensi guru dan lingkungan sekolah secara bersama-sama terhadap motivasi belajar. Waktu penelitian ini dilaksanakan pada bulan Desember 2017. Jenis penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan asosiatif. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPS di SMA Negeri 1 Sungai Geringging. Sampel berjumlah 84 responden dengan teknik pengambilan sampel berupa Proportional Random Sampling dengan teknik analisis deskriptif dan induktifdengananalisisregresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1)pendidikan orang tuaberpengaruh signifikan terhadap motivasibelajar, yang ditunjukkan oleh nilai koefisienregresi (X1) sebesar 1,998. Nilai koefisienregresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 8,473> ttabel sebesar 1,99. (2) kompetensi guru berpengaruh signifikan terhadap motivasibelajar, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X2) sebesar 0,192. Nilai koefisienregresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 5,476> ttabel sebesar 1,99. (3) lingkungansekolah berpengaruh signifikan terhadap motivasibelajar, yang ditunjukkan oleh nilai koefisien regresi (X3) sebesar 0,267. Nilai koefisienregresi ini signifikan karena nilai thitung sebesar 5,108> ttabel sebesar 1,99. (4)pendidikan orang tua, kompetensiguru dan lingkungansekolahberpengaruh secarabersama-sama terhadap motivasibelajar. Dimana diperoleh nilai Fhitung 136,925> Ftabel 2,72. Berdasarkanhasilpenelitianmakapenulismenyarankan, (1) diharapkan kepada orang tua hendaknya selalu memberikan dorongan terhadap anak untuk belajar dengan baik dan memberikan pengertian akan pentingnya pendidikan agar anak dapat bersungguh-sungguh dalam belajar. (2)diharapkan kepada guru agar menguasai materi yang akan diajarkan kepada siswa dan mampu menerangkan materi tersebut dengan jelas. Metode mengajar yang kurang tepat akan mempengaruhi hasil belajar siswa. Metode mengajar yang kurang tepat akan membuat anak tidak termotivasi dalam belajar.(3) diharapkan agar lingkungan fisik sekolah hendaknya lebih diperhatikan oleh pihak yang terkait, baik kepala sekolah, guru dan yang lainnya. Dengan lingkungan yang baik maka aka tercipta suasana belajar yang menyenagkan.