Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep yang dimiliki siswa masih rendah dan siswa yang berkemampuan sedang dan rendah lebih cenderung bertanya kepada siswa yang berkemampuan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe The Power Of Two lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMPN 2 Batang Anai. Jenis penelitan adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan adalah tes akhir. Bentuk tes akhir yang digunakan adalah tes essay. Analisis data menggunakan uji satu pihak. Berdasarkan hasil uji hipotesis pada α = 0,05 diperole thitung =2,598 dan ttabel= 1,684 Karena thitung > ttabel berarti H0 ditolak, maka hipotesis penelitian diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe The Power Of Two lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional.