Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Team Achievement Division (STAD)
Main Author: | Mimik Lika, Susanti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2128/4/12050194%20MIMIK%20LIKA%20SUSANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2128/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2128/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2128/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2128/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang bertanggung jawabterhadap tugas yang diberikan kelompok dan hasil belajar matematika siswamasih dibawah KKM (Kriteria Ketuntasan Minimal). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMPN 1 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian adalah eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMPN 1 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman Tahun Pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, kelas VII.6 sebagai kelaseksperimen dan kelas VII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian adalah tes akhir dengan bentuk tes berupa essay. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Hasil analisis data tes akhir menggunakan uji t diperoleh = 5,581 dan = 1,67 pada α = 0,05, berarti maka hipotesis diterima,Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD lebih baik daripada hasil belajar matematika dengan pembelajaran konvensional siswa kelas VII SMPN 1 Nan Sabaris Kabupaten Padang Pariaman