Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Diiringi Pembelajaran Aktif Tipe Teka-Teki Silang Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII MTsN Model Padang
Main Author: | Annisa, Muliani |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2126/4/12050211%20%20ANNISA%20MULIANI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2126/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2126/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2126/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2126/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa yang masih rendah dan pembelajaran matematika kurang menyenangkan bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif diiringi pembelajaran aktif tipe tekateki silang lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII MTsN Model Padang tahun pelajaran 2016/2017. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan random terhadap subjek. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII.4 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII.5 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk essai dengan reliabilitas tes r11= 0,94 . Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil tes akhir yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh thitung r= 2,05 dan ttabel =1,67 dengan = 0,05 , maka > dengan demikian hipotesis penelitian diterima. Jadi, dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif diiringi pembelajaran aktif tipe teka-teki silang lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pendekatan saintifik pada siswa kelas VIII MTsN Model Padang.