Pengaruh Teknik Think-Talk-Write (TTW) Terhadap Kemampuan Menulis Surat Dinas Siswa Kelas VIII SMP Negeri 24 Padang
Main Author: | Pramita, Sari, |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2123/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2123/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2123/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2123/4/12080303%20PRAMITA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2123/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi lima permasalahan yaitu sebagai berikut. Pertama, siswa kurang mengetahui bagian-bagian surat dinas. Kedua,siswa kurang mampu menuangkan ide dalam menulis surat dinas. Ketiga, siswa belum mampu menempatkan tanda baca (tanda titik dan tanda koma) dengan tepat dalam menulis surat dinas. Keempat, siswa belum mampu menggunakan kalimat efektif dalam menulis surat dinas. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tiga hal yaitu.Pertama, mendeskripsikan kemampuan menulis surat dinas tanpa menggunakan teknik Think-Talk-Write (TTW) siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Kedua, mendeskripsikan kemampuan menulis surat dinas dengan menggunakan teknik Think-Talk-Write (TTW) siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan teknik Think-Talk-Write (TTW) terhadap kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen quasi. Populasi dalam penelitian ini siswa kelas VIII SMP N 24 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 jumlah siswa 268 orang yang tersebar delapan kelas.Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah simple random sampling. Variabel dalam penelitian ada dua yaitu, Pertama, variabel bebas (X) teknik think talk write (TTW). Kedua, variabel terikat (Y) yaitu kemampuan menulis surat dinas. Instrumen digunakan dalam penelitian yaitu tes unjuk kerja menulis surat dinas. Teknik analisis data dengan cara melakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang mengggunakan teknik think-talk-write (TTW) sebagai berikut. Pertama, tingkat kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang tanpa menggunakan teknik think-talk-write (TTW) memperoleh nilai rata-rata 62,42 yaitu berada pada tingkat penguasaan 56-65% berada pada kualifikasi cukup (C). Kedua, tingkat kemampuan menulis surat dinas siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang dengan menggunakan teknik think-talk-write (TTW) memperoleh nilai rata-rata 85,9 yaitu berada pada tingkat penguasaan 76-85% berada pada kulaifikas baik (B). Ketiga, dapat disimpulkan bahwa teknik think-talk-write (TTW) berpengaruh terhadap kemampuan menulissurat dinas siswa kelas VIII SMP Negeri 24 Padang dengan > yaitu 7,643>1,67. Jadi dapat disimpulkan bahwa teknik Think-Talk-Write (TTW) baik digunakan dalam menulis surat dinas