Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Learning Start With A Question (LSQ) Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI SMA N I Basa Ampek Balai Tapan Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Selvia, Novita Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2118/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2118/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2118/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2118/4/11050318%20SELVIA%20NOFITA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2118/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah yang disebabkan oleh siswa kurang terlatih bertanya (mengeluarkan pendapat atau ide-ide yang dimiliki) dan menjawab pertanyaan dari guru dan pemahaman konsep matematis siswa masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Learning Start With A Question lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional di kelas XI SMA N I Basa Ampek Balai Tapan. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas XI SMA N I Basa Ampek Balai Tapan yang terdaftar pada Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari empat kelas. Pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas XI3 dan yang terpilih sebagai kelas kontrol adalah XI4. Instrumen yang digunakan menyusun tes, yaitu tes akhir berbentuk esai, validitas tes, uji coba tes, dan melakukan analisis item. Hasil analisis data diketahui kedua sampel berdistribusi normal dan variansi homogen pada taraf nyata 0,05 . Hasil dari uji hipotesis diperoleh thitung 3,01dan ttabel 1,676 artinya thitung ttabel maka hipotesis diterima. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan model pembelajaran Learning Start With A Question lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada siswa kelas XI SMA N I Basa Ampek.