Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar siswa masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan siswa tidak mau bertanya tentang materi yang belum dipahami. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan strategi Pembelajaran Aktif Tipe Question Studens Have lebih baik daripada hasil belajar siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional siswa kelas VIII SMPN 22 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, terpilih kelas VIII8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII7 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk essai dan berdasarkan rubrik analitik. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji yang digunakan adalah uji t-satu pihak. Berdasarkan analisis didapatkan nilai rata-rata tes akhir pemahaman konsep pada kelas eksperimen adalah 71,75 sedangkan nilai rata-rata kelas kontrol adalah 59,88. Pengujian hipotesis digunakan uji t satu pihak. Hasil uji hipotesis diperoleh dan dengan , karena maka hipotesis penelitian diterima. Jadi hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMPN 22 Padang dengan penerapan strategi belajar aktif tipe Question Studens Have lebih baik dari pada hasil belajar siswa dengan pembelajaran konvensional.