Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Tournament Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII SMPN 3 Koto Salak Kabupaten Dharmasraya
Main Author: | Nisdawati, Nisdawati |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2113/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2113/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2113/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2113/4/11050281%20NISDAWATI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2113/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa yang masih rendah dan Siswa sangat sulit memahami materi secara individu. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep matematis siswa dengan menerapkan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament lebih baik daripada pemahaman konsep siswa menggunakan pembelajaran konvensional kelas VII SMPN 3 Koto Salak. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas VII SMPN 3 Koto Salak Tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan kelas VII.C sebagai kelas eksperimen dan kelas VII.B sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir dan bentuk tes yang digunakan adalah essay. Berdasarkan analisis data tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Pengujian hipotesis digunakan uji-t satu pihak, diperoleh = 2,30 lebih besar dari = maka hipotesis yang diajukan diterima pada selang kepercayaan 95%. Jadi disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe Learning Tournament lebih baik daripada kemampuan pemahaman konsep matematis siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada kelas VII SMPN 3 Koto Salak.