Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar matematika siswa rendah dan saat mengerjakan latihan siswa cenderung menyalin jawaban dari teman. Mengatasi masalah tersebut digunakan model pembelajaran kooperatif disertai tipe snowball drilling. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif disertai tipe snowball drilling lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada sisiwa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen dengan rancangan penelitian yang digunakan adalah random terhadap subjek. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang tahun pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari sembilan kelas. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, yang terpilih sebagai kelas eksperimen kelas VIII3 dan VIII5 sebagai kelas kontrol Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir hasil belajar matematika siswa. Bentuk tes yang digunakan adalah essai berjumlah 5 butir soal dengan reliabilitasnya 0,85. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis data diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis penelitian adalah uji t satu pihak. Dari hasil analisis data uji hipotesis diperoleh thitung = dan ttabel=1,66 dengan α=0,05, karena thitung > ttabel maka hipotesis dari penelitian ini diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif disertai tipe snowball drilling lebih baik daripada hasil belajar matematika siswa dengan menerapkan pembelajaran konvensional pada siswa kelas VIII SMP Negeri 18 Padang.