Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Teknik Giving Questions and Getting Answers Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMP Negeri 30 Sijunjung
Main Author: | Juli, Nasrianti |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2111/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2111/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2111/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2111/4/11050140%20JULI%20NASRIANTI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2111/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa kurang berusaha mengerjakan latihan sendiri dan sebagian siswa hanya menyalin pekerjaan temannya serta pemahaman konsep siswa yang masih rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan strategi pembelajaran aktif teknik Giving Questions and Getting Answers lebih baik daripada pemahaman konsep siswa dengan menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 30 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan rancangan random terhadap subjek. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas VIII SMPN 30 Sijunjung. Sampel penelitian adalah kelas VIII1 sebagai kelas eksperimen dan siswa kelas VIII2 sebagai kelas kontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir yang memuat indikator pemahaman konsep. Tes akhir berupa soal essay dengan reliabilitas tes adalah ( = . Berarti soal tes dinyatakan reliabel karena . Teknik analisis data yang digunakan adalah uji t satu pihak. Berdasarkan hasil analisis pemahaman konsep matematis siswa dari tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal. Statistik uji yang digunakan untuk pengujian hipotesis adalah uji t satu pihak. Hasil pengujian hipotesis diperoleh lebih besar dari Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran aktif teknik Giving Questions and Getting Answers lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa yang menggunakan pembelajaran konvensional di kelas VIII SMPN 30 Sijunjung.