Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair and Share (TPS) Berbantuan Media Poster Terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Persuasif Siswa Kelas X SMA AL-Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Chichilia, Berlinda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2110/4/13080134%20CHICHILIA%20BERLINDA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2110/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2110/3/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2110/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2110/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, faktor dari siswa dan faktor dari guru, hal ini dapat dilihati dari siswa mengalami kesulitan dalam mengungkapkan ide-ide atau gagasan dalam menulism paragraf persuasif. Siswa Mengalamai kesulitan dalam menyusun kerangka-kerangka paragraf menjadi tulisan atau paragraf yang utuh. Siswa kesulitan dalam mengungkapkan kalimatnya. Minimnya Kosakata. Siswa kurang menyukai pembelajaran bahasa indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis paragraf persuasif tanpa menggunakan model pembelajaran dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) berbantuan media poster terhadap kemampuan menulis paragraf persuasif siswa kelas X SMA AL-Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah The Randomized Posttest Only Control Group. Teknik pengambilan sampel ini dengan teknik simple random sampling, pengambilan sampel dilakukan dengan cara mencari standar deviasi, nilai yang paling rendah dan nilai yang berdekatan dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas, kelas kontrol X4 yang berjumlah 30 orang dan kelas eksperimen X5 yang berjumlah 30 orang. Variabel dalam penelitian ini ada dua variabel yaitu variabel bebas (X) model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair and Share (TPS) Berbantuan Media Poster dan variabel terikat (Y) kemampuan menulis paragraf persuasif. Data dalam penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja hasil kemampuan menulis paragraf persuasif tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) berbantuan media poster siswa kelas X SMA AL-Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat. Hasil penelitian ini adalah kemampuan menulis paragraf persuasif siswa kelas X SMA AL-Istiqmah Kabupaten Pasaman Barat tanpa menggunakan model pembelajaran Think Pair and Share (TPS) Berbantuan Media Poster Siswa Kelas X AL-Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat memperoleh nilai rata-rata kelas 62,49 yang berkualifikasi Lebih dari Cukup (LDC). Kemampuan menulis paragraf persuasif siswa kelas X SMA AL-Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) berbantuan media poster nilai rata-rata 81,66 yang yang berkualifikasi Baik (B). Terdapat pengaruh yang signifikan model pembelajaran kooperatif tipe think pair and share (TPS) berbantuan media poster terhadap kemampuan menulis paragraf persuasif siswa kelas X SMA AL-Istiqamah Kabupaten Pasaman Barat, karena thitung > ttabel (6,34 > 1,65).