Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hal-hal berikut. Pertama kurangnya minat siswa dalam menulis puisi, sehingga dalam pembelajaran menulis puisi siswa banyak yang tidak memperhatikan dan kurang serius dalam mengikuti pembelajaran. Kedua, siswa sulit sekali untuk memulai menulis puisi. Hal ini terlihat disaat disuruh menulis puisi siswa banyak termenung dan diam karena tidak tahu harus memulai dari mana. Ketiga siswa kurang memperhatikan penggunaan diksi, bait, rima, dan irama didalam menulis puisi, sehingga puisi yang mereka tulis banyak yang tidak menarik dan puitis. Tujuan penelitian ini adalah pertama mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan tanpa menggunakan metode sugestopedia. Kedua mendeskripsi kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan dengan menggunakan metode sugestopedia. Ketiga mendeskripsikan pengaruh penggunaan metode sugestopedia terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan penelitian ini only control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan yang berjumlah 262 orang. Sampel penelitian adalah kelas X.2 (kelas kontrol) yang berjumlah 27 orang dan kelas X.1 (kelas eksperimen) yang berjumlah 27 orang. Teknik pengambilan sampel adalah purposive sampling. Data penelitian tes unjuk kerja berupa skor hasil keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan. Indikator penilaian terdiri dari (1) bait, (2) rima, (3) dan irama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (a) keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan tanpa menggunakan metode sugestopedia memperoleh nilai rata-rata kelas 62,14 yang berkualifikasi Cukup, (b) pada kelas eksperimen keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Koto XI Tarusan dengan menggunakan metode sugestopedia memperoleh nilai rata-rata kelas 72,84 yang berkualifikasi lebih dari cukup, (LDC) terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan metode sugestopedia terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Koto XI tarusan karena thitung > ttabel (2,27 > 1,71).