Pengaruh Model Pembelajaran Think Talk Write (TTW) Berbantuan Media Gambar Fotografi terhadap Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Siswa Kelas XI SMK N 1 Sawahlunto

Main Author: Astri Putri, Utami
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2108/4/13080130%20ASTRI%20PUTRI%20UTAMI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2108/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2108/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2108/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2108/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, siswa kurang menyukai pelajaran menulis. Kedua, siswa kurang menyukai pelajaran menulis karangan deskripsi. Ketiga, siswa mengalami kesulitan untuk mengembangkan gagasan, sehingga sulit untuk menulis. Keempat,dalam kegiatan pembelajaran guru tidak menggunakan model atau teknik guru hanya menggunakan contoh dalam poses pembelajaran. Penelitian bertujuanmendeskripsikan keterampilan menulis karangan deskripsi tanpa dan dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan median gambar Fotografi siswa kelas XI SMK N 1 Sawahlunto. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini The Randomized Posttest Only Control Group. Sampel penelitian ini adalah kelas XI ADM SMK N 1 Sawahlunto yang berjumlah 60 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil keterampilan menulis karangan deskripsi tanpa dan dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar fotografi siswa kelas XI SMK N 1 Sawahlunto. Berdasarkan hasil analisis data terhadap keterampilan menulis karangan deskripsi tanpa dan dengan menggunakan model Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar fotografi siswa kelas XI SMK N 1 Sawahlunto dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas XI SMK N 1 Sawahlunto di kelas kontrol tanpa menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar fotografi memperoleh nilai rata-rata 64,44 dengan kualifikasi 56 – 65% yaitu Cukup (C). Kedua, kemampuan menulis karangan deskripsi siswa kelas XI SMK N1 Sawahlunto di kelas eksperimen dengan menggunakan model pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar fotografi nilai rata-rata 82,66 dengan kualifikasi 76 - 85% yaitu Baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan pembelajaran Think Talk Write (TTW) berbantuan media gambar fotografi siswa kelas XI SMK N 1 Sawahlunto karena thitung> tabel (8,02>1,67).