Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMK Negeri 8 Padang

Main Author: Yeni, Mailita
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2106/4/13080129%20YENI%20MAILITA.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2106/3/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2106/1/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2106/2/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2106/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh guru dalam mengajarkan teks eksposisi dengan metode ceramah, diskusi dan cara belajar siswa aktif akibatnya siswa merasa bosan dengan metode ceramah. Sehingga tujuan penelitian ini adalah. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks eksposisi sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 8 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode pre eksperimen. Desain penelitian ini adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMK Negeri 8 Padang yang berjumlah 460. Teknik pengambilan sampel ini dengan teknik Purposive Sampling. Sampel dalam penelitian ini adalah 1 kelas yaitu, X Kria Tekstil 2 dengan jumlah 30 siswa. Variabel dalam penelitian ini ada dua variabel yaitu variabel bebas, yaitu model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share dan variabel terikat, yaitu keterampilan menulis teks eksposisi. Data dalam penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja hasil keterampilan menulis teks eksposisi sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share siswa kelas X SMK Negeri 8 Padang. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 8 Padang sebelum menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share memperoleh nilai rata-rata kelas 60,37 yang berkualifikasi Cukup (C). Kedua, keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 8 Padang sesudah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share memperoleh nilai rata-rata 81,66 yang berkualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share terhadap keterampilan menulis teks eksposisi siswa kelas X SMK Negeri 8 Padang karena thitung> ttabel(7,32>1,70).