Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah (Problem Based Learning) Berbantuan Media Gambar Berseri siswa terhadap kemampuan Menulis Teks Berita Kelas VIII SMP Negeri 22 Padang

Main Author: Fatmawati, Fatmawati
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2102/4/13080124%20fatmawati.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2102/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2102/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2102/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2102/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi sebagai berikut. Kurangnya minat siswa dalam menulis karena terbatasnya penguasaan kosakata, siswa sulit mengungkapkan dan mengembangkan ide dan siswa tidak menguasai unsur 5W+1H. Metode yang digunakan guru kurang bervariasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model pembelajaran berbasis masalah (problem based learning) berbantuan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode quasi eksprerimen (quasi experimental), dengan pengambilan sampel dengan teknik simple random sampling. seluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 257 orang. Sampel pada penelitian ini ada 2 kelas yaitu, sebagai kelas kontrol VIII.8 yang berjumlah 31 orang dan kelas eksperimen VIII.5 yang berjumlah 31 orang. Variabel penelitian ini adalah model berbasis masalah (problem based learning) berbantuan media gambar berseri sebagai variabel bebas dan menulis teks berita sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah hasil tes unjuk kerja menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang tanpa menggunakan dan dengan menggunakan metode menggunakan model berbasis masalah (problem based learning) berbantuan media gambar berseri. Hasil Penelitian ini adalah Pertama, kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang tanpa menggunakan model berbasis masalah (problem based learning) berbantuan media gambar berseri, memperoleh nilai rata-rata 62,36 berada pada rentangan 56-65% dengan kualifikasi Cukup (HC). Kedua, kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang dengan menggunakan menggunakan model berbasis masalah (problem based learning) berbantuan media gambar berseri, memperoleh nilai rata-rata 80,37 berada pada rentangan 76-85% dengan kualifikasi Baik (B)., terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan menggunakan model berbasis masalah (problem based learning) berbantuan media gambar berseri terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII Negeri 22 Padang. Berdasarkan uji t diperoleh > yaitu = 7,32 dan =1,67. Dengan kata lain, diterima dan ditolak. Maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan menggunakan model berbasis masalah (problem based learning) berbantuan media gambar berseri berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks berita siswa kelas VIII SMP Negeri 22 Padang dan menggunakan model berbasis masalah (problem based learning) berbantuan media gambar berseri dapat diterapkan dalam menulis teks berita.