Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertama, siswa kurang berminat dalam pembelajaran menulis. Kedua, siswa tidak semuanya mnemahami letak struktur observasi yang tepat. Ketiga, guru dalam mengajarkan teks hasil observasi dengan teknik ceramah. Keempat, siswa kurang bisa berdiskusi sehingga banyak yang bercerita daripada yang mengerjakan yang diperintahkan guru. Tujuan penelitian yaitu pertama mendeskripsikan keterampilan menulis teks hasil observasi siswa kelas VII MTsN 1 Lubuk Basung tanpa menggunakan teknik objek langsung. Kedua mendeskripsikan keterampilan menulis teks hasil observasi siswa kelas VII MTsN 1 Lubuk Basung dengan menggunakan teknik objek langsung. Ketiga mendeskripsikan pengaruh keterampilan menulis teks hasil observasi siswa kelas VII MTsN 1 Lubuk Basung tanpa dan dengan menggunakan teknik objek langsung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dengan jenis quasi eksperimen. Desain penelitian ini adalah The Randomized Posttest Only Control Group. Teknik pengambilan sampel ini dengan teknik simple random sampling, pengambilan sampel dilakukan dengan cara mencari standar deviasi, nilai yang paling rendah dan nilai yang berdekatan dijadikan sampel. Sampel dalam penelitian ini adalah 2 kelas, kelas kontrol VII.3 dan kelas eksperimen VII.5. Variabel dalam penelitian ini ada dua variabel yaitu variabel bebas (X) Teknik Objek Langsung dan variabel terikat (Y) keterampilan menulis teks hasil observasi. Data dalam penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja hasil keterampilan menulis teks hasil observasi tanpa dan dengan menggunakan teknik objek langsung siswa kelas VII MTsN 1 Lubuk Basung. Pertemuan Pertama, dikelas kontrol guru menjelaskan sedikit materi kemudian siswa diberi tes tanpa menggunakan teknik objek Langsung dengan tema “tumbuh-tumbuhan” pertemuan pertama, di kelas eksperimen guru menjelaskan materi dengan perlakuan kemudian siswa menulis teks hasil observasi menggunakan teknik objek langsung dengan tema “tumbuh-tumbuhan”. Hasil penelitian ini adalah pertama, keterampilan menulis teks hasil observasi siswa kelas VII MTsN 1 Lubuk Basung tanpa menggunakan teknik objek langsung memperoleh nilai rata-rata kelas 60,36 yang berkualifikasi Cukup. Kedua, keterampilan menulis teks hasil observasi siswa kelas VII MTsN 1 Lubuk Basung dengan menggunakan teknik objek langsung nilai rata-rata 81,47 yang berkualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan teknik objek langsung terhadap keterampilan menulis teks hasil observasi siswa kelas VII MTsN 1 Lubuk Basung karena thitung> ttabel(6,86>1,67).