Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Listening Team terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat
Main Author: | Nurmajidah, Nurmajidah |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2098/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2098/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2098/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2098/4/12080267%20NURMAJIDAH.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2098/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keterampilan siswa dalam proses pembelajaran keterampilan berbicara khususnya menceritakan pengalaman yang paling mengesankan. Siswa kesulitan menggunakan bahasa Indonesia yang baik dan benar dan tidak percaya diri saat berbicara di depan kelas. Untuk melatih siswa agar terampil berbicara digunakan model pembelajaran kooperatif tipe listening team dalam proses pembelajaran. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe listening team terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen, jenis eksperimen yang digunakan adalah Quasi Eksperimental Design dengan rancangan penelitian Randomized Control-Group Posttest Only Design. Populasi penelitian ini siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat yang terdaftar tahun ajaran 2016/2017 sebanyak 127 orang. Teknik penarikan sampel yang digunkan adalah Simple Random Sampling, sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VII4 yang berjumlah 25 orang (kelas kontrol) dan siswa kelas VII5 yang berjumlah 25 orang (kelas eksperimen). Variabel penelitian ini adalah model pembelajaran kooperatif tipe listening team sebagai variabel bebas dan keterampilan berbicara sebagai variabel terikat. Data penelitian ini adalah skor tes unjuk kerja keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat. Hasil penelitian ini adalah Pertama, nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe listening team adalah 50,66 dengan kualifikasi Hampir Cukup. Kedua, nilai rata-rata keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat dengan menggunakan model kooperatif tipe listening team adalah 65,33 dengan kualifikasi Cukup. Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe listening team terhadap keterampilan berbicara siswa kelas VII SMP Negeri 2 Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat karena(4,89) >1,71),