Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut.Pertama, siswa tidak menyukai pembelajaran menulis puisi. Kedua, siswa belum terampil dalam menulis puisi. Ketiga, ketika menulis puisi siswa tidak memperhatikan unsur-unsur yang harus ada dalam puisi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh penggunaan model inkuiri berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 27 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Rancangan penelitian ini yaitu The Randomize Posttest Only Control Group Design. Populasi siswa tahun ajaran 2015/2016 yaitu 218 siswa dan sampel penelitian ini berjumlah 60 orang yang terdiri dari dua kelas yaitu kelas kontrol 30 orang dan eksperimen 30 orang. Sampel diambil secara Simple Random Sampling. Variabel dalam penelitian ini adalah model inkuiri berbantuan media gambar dan menulis puisi. Data pada penelitian ini adalah skor kemampuan menulis puisi tanpa dan dengan menggunakan model inkuiri berbantuan media gambar. Pengumpulan data dilakukan tiga kali pertemuan. Hasil penilaian dari peneliti ini adalah Pertama, kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 27 Padang tanpa menggunakan model inkuiri berbantuan media gambar memperoleh nilai rata-rata 58,89 berada pada rentangan 56-65% dengan kualifikasi cukup (C). Kedua, kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 27 Padang dengan menggunakan model inkuiri berbantuan media gambar memperoleh nilai rata-rata 74,44 berada pada rentangan 66-75% dengan kualifikasi Lebih dari Cukup (LDC). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model inkuiri berbantuan media gambar siswa kelas VII SMP Negeri 27 Padang karena . Jadi, disimpulkan bahwa kemampuan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 27 Padang sesudah menggunakan model inkuiri berbantuan media gambar lebih baik dari sebelum menggunakan model inkuiri berbantuan media gambar.