Pengaruh Penggunaan Strategi Inquiring Mind What To Know Berbantuan Media Gambar Terhadap Kemampuan Menulis Berita Siswa Kelas VIII SMP Negeri 4 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Yora Darmaita, Sari |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2095/4/13080115%20YORA%20DARMAITA%20SARI.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2095/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2095/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2095/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2095/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemampuan menulis berita siswa yang masih rendah. Masalah yang ditemui adalah siswa kesulitan mengembangkan unsur berita 5W+1H secara lengkap ke dalam bentuk tulisan, dalam menulis berita siswa tidak memperhatikan struktur penulisan berita, dalam setengah jam pembelajaran di awal, siswa masih antusias mengikuti pembelajaran dan di jam selanjutnya siswa sering merasa bosan dan keluar masuk kelas, dalam proses pembelajaran guru menggunakan metode ceramah, diskusi, dan tanya jawab saja, guru dalam menjelaskan materi sulit untuk dipahami. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan tanpa dan dengan menggunakan strategi inquiring mind what to know berbantuan media gambar. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah the randomized posttest only control group. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas VIII.1 dan VIII.2 SMP Negeri 4 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan yang berjumlah 60 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil keterampilan menulis berita tanpa dan dengan menggunakan strategi inquiring mind what to know berbantuan media gambar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan hasil analisis data terhadap kemampuan menulis berita tanpa dan dengan menggunakan strategi inquiring mind what to know berbantuan media gambar dapat disimpulkan sebagai berikut. Pertama, tingkat kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan tanpa menggunakan strategi inquiring mind what to know berbantuan media gambar memperoleh nilai rata-rata 62,50 berada pada rentangan 56 – 65% dengan kualifikasi Cukup (C). Kedua, tingkat kemampuan menulis berita siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan dengan menggunakan strategi inquiring mind what to know berbantuan media gambar memperoleh nilai rata-rata 81,38 berada pada rentangan 76-85% dengan kualifikasi Baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan strategi inquiring mind what to know berbantuan media gambar siswa kelas VIII SMP Negeri 4 Bayang Kabupaten Pesisir Selatan karena thitung> ttabel (7,16>1,67). Jadi, disimpulkan bahwa penggunaan strategi inquiring mind what to know berbantuan media gambar lebih baik daripada tanpa menggunakan strategi inquiring mind what to know berbantuan media gambar terhadap kemampuan menulis berita.