Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pertama, siswa kesulitan dalam menjelaskan atau menentukan orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Kedua, siswa kurang terlibat secara aktif pada materi pelajaran orientasi, komplikasi, resolusi, dan koda. Ketiga, rendahnya minat dan motivasi siswa dalam pembelajaran menulis. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Kedua, mendeskripsikan keterampilan siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Ketiga, menganalisis pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan metode eksperimen dengan rancangan penelitian posttest only control design. Adapun sampel pada penelitian ini adalah siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang yang terdaftar pada semester 1 tahun pelajaran 2015/2016 sebanyak 249 orang. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan disimpulkan hal-hal berikut, pertama, keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berkualifikasi lebih dari cukup (LdC) dengan rata-rata-rata 62,77 berada pada rentangan 56%-65%. Kedua, keterampilan menulis teks cerita fabel siswa kelas VIII MTsN Lubuk Buaya Padang dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC berkualifikasi baik (B) dengan rata-rata 80,83 berada pada rentangan 76%-85%. Ketiga, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC dan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe CIRC. Hasil uji-t pada taraf kepercayaan 95% (=0,05) thitung>ttabel (7,40>1,65) dengan demikian H1 diterima. Berarti terdapat pengaruh penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe Cooperative Integrated Reading and Composition (CIRC) terhadap keterampilan menulis teks cerita fabel.