Perbandingan Penggunaan Model Pembelajaran Examples non Examples dengan Picture and Picture terhadap Kemampuan Menulis Paragraf Argumentasi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Vera, Fadila |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2091/4/13080112%20VERA%20FADILA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2091/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2091/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2091/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2091/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa hal berikut ini. Pertama, siswa masih sulit menuangkan ide atau gagasannya dalam menulis paragraf argumentasi. Kedua, kosa kata yang dimiliki siswa masih kurang. Ketiga, metode dan teknik yang digunakan guru masih belum efektif yaitu masih mengunakan metode ceramah, dan Keempat, sarana dan prasarana di sekolah masih kurang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbandingan penggunaan model pembelajaran examples non examples dengan picture and picture terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan yang terdaftar pada tahun 2016/2017. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah simple random sampling. Variabel dalam penelitian ini ada dua yaitu variabel bebas dan variabel terikat. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model pembelajaran examples non examples dengan picture and picture. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah kemampuan menulis paragraf argumentasi. Data dalam penelitian ini berupa skor kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa dengan menggunakan model examples non examples dan skor kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa menggunakan model picture and picture. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan tiga hal sebagai berikut ini. Pertama, kemampuan menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan model examples non examples siswa kelas X SMA Negeri 1 Sutera memperoleh nilai rata-rata 80,64 yang berkualifikasi baik (B). Kedua, kemampuan menulis paragraf argumentasi dengan menggunakan model picture and picture siswa kelas X SMA Negeri 1 Sutera memperoleh nilai rata-rata 62,36 yang berkualifikasi cukup (C). Ketiga, terdapat perbandingan yang signifikan antara penggunaan model examples non examples dengan picture and picture terhadap kemampuan menulis paragraf argumentasi siswa kelas X SMA Negeri 1 Sutera Kabupaten Pesisir Selatan dengan thitung> ttabel (5,62> 1,67).