Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI)terhadap Kemampuan Menulis Naskah Drama Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Selatan Kabupaten Pasman

Main Author: AULIA HABIBAH, AULIA
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2018
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2085/1/skripsi%20pdf.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2085/2/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2085/3/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2085/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2085/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan sebagai berikut, siswa kurang mampu dalam mengembangkan ide-ide baru saat menulis naskah drama, dalam penulisan kalimat, siswa kurang tepat untuk merangkai kata yang akan dituliskan atau kosakata siswa kurang dalam menulis naskah drama, siswa juga kurang mampu dalam memahami materi yang dijelaskan, metode yang digunakan guru disini metode ceramah sehingga mengakibatkan sebagian siswa bosan dan tidak fokus pada materi yang dijelaskan guru. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman tanpa dan dengan menggunaan model kooperatif tipe group investigation (GI) serta pengaruhnya. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Rancangan yang digunakan adalah Posttest Only Control Design. Populasi dalam penelitian berjumlah 136 siswa, sampel yang diambil sebanyak 45 orang siswa yang terbagi dalam dua kelas yaitu kelas VIII 3 kelas kontrol dan kelas VIII 4 kelas eksperimen. Teknik penarikan sampel yaitu menggunakan teknik porposive sampling yaitu penarikan sampel yang didasarkan dengan pertimbangan tertentu. Data dalam penelitian ini adalah skor tes kemampuan menulis naskah drama tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) dan kemampuan menulis naskah drama siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI). Hasil penelitian yaitu sebagai berikut. Pertama, kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman tanpa menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) ialah 57,39 yang berada pada kualifikasi cukup pada rentang 56,65%. Kedua, kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman, dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation (GI) ialah sebesar 73,09 berada pada kualifikasi lebih dari cukup pada rentangan 66,75%. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan terhadap penggunaan model group investigation (GI) dalam kemampuan menulis naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Rao Selatan Kabupaten Pasaman. Hal ini dibuktikan dengan hasil penelitian yang menunjuk kan bahwa nilai thitung (2,26) >ttabel(1,67), sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.