Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Membacakan Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan
Main Author: | Satria, Alandra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2083/3/13080098%20SATRIA%20ALANDRA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2083/4/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2083/1/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2083/2/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2083/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut: Pertama, siswa masih belum terampil dalam membacakan puisi, karena pengimajinasiannya terhadap makna kata didalam puisi itu masih kurang, sementara puisi itu syarat makna dan makna itulah yang belum dapat dipahami siswa. Kedua, siswa masih kesulitan berekspresi dalam menghayati bacaaan ketika membacakan puisi. Ketiga, dalam pembelajaran membacakan puisi, biasanya guru mengajar menggunakan media audio seperti memutarkan rekaman pembacaan puisi kepada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterampilan membacakan puisi sebelum dan sesudah menggunakan media audio visual serta pengaruh penggunaan media audio visual terhadap keterampilan membacakan puisi siswa kelas X SMAN 3 Lengayang. Penelitian ini mempunyai jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan rancangan penelitian eksperimen yang digunakan yaitu pre-experimental dengan desain One Group Pretest-Posttest Design. Penelitian ini terdiri atas dua variabel yaitu penggunaan media audio visual sebagai variabel bebas (X), dan keterampilan membacakan puisi sebagai variabel terikat (Y). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes unjuk kerja pada kelas pretest dan posttest. Jumlah populasi penelitian ini 189 orang dan sampel penelitian ini sebanyak 30 orang yaitu kelas X.1 dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Berdasarkan hasil analisis data dan pembahasan maka hasil penelitian ini adalah. Pertama, keterampilan membacakan puisi siswa kelas X SMA Negeri 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan sebelum menggunakan media audio visual memperoleh nilai rata-rata kelas 52,89 berada pada rentangan 46-55% kualifikasi Hampir Sedang (HS). Kedua, keterampilan membacakan puisi sesudah menggunakan media audio visual siswa kelas X SMA Negeri 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan memperoleh nilai rata-rata 80,22 berada pada rentangan 76 - 85% kualifikasi Baik (B). Ketiga, terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan media audio visual terhadap Keterampilan Membacakan Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri 3 Lengayang Kabupaten Pesisir Selatan Karena Thitung > Ttabel ( > 1,67).