Perbandingan Penggunaan Teknik Pemodelan dengan Teknik Objek Langsung terhadap Keterampilan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA KARTIKA 1-5 Padang

Main Author: Sofia, Deti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2080/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2080/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2080/3/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2080/4/12080255%20SOFIA%20DETI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2080/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh siswa mengalami kesulitan dalam memperindah bahasa yang digunakan. Tujuan penelitian ini adalah pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan siswa kelas X SMA KARTIKA 1-5 Padang. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan teknik objek langsung siswa kelas X SMA KARTIKA 1-5 Padang. Ketiga, mendeskripsikan perbandingan keterampilan menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan dan teknik objek langsung siswa kelas X SMA KARTIKA 1-5 Padang. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X SMA KARTIKA 1-5 yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017. Mengingat jumlah populasi lebih dari 100 orang, maka perlu dilakukan penarikan sampel menggunakan teknik simple random sampling pengambilan sampel dilakukan secara acak. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X.8 dan kelas X.9 SMA KARTIKA 1-5 yang terdaftar pada tahun ajaran 2016/2017 yang berjumlah 64 orang. Data penelitian ini adalah hasil tes keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA KARTIKA 1-5 Padang sesudah menggunakan teknik pemodelan dan teknik objek langsung. Berdasarkan analisis data menunjukkan bahwa keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA KARTIKA 1-5 Padang sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA KARTIKA 1-5 Padang dengan menggunakan teknik pemodelan memperoleh nilai rata-rata sebesar 79,51 pada rentangan 76-85% berkualifikasi baik. Kedua, keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA KARTIKA 1-5 Padang dengan menggunakan teknik objek langsung memperoleh nilai rata-rata sebesar 77,08 pada rentangan 76-85% berkualifikasi baik. Ketiga, tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara keterampilan menulis puisi dengan menggunakan teknik pemodelan dan teknik objek langsung siswa kelas X SMA KARTIKA 1-5 Padang karena thitung < ttabel yaitu 0,5589 < 1,67 dengan derajat kebebasan dk = ( + )-2. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah tidak terdapat perbedaan antara teknik pemodelan dengan teknik objek langsung terhadap keterampilan menulis puisi siswa kelas X SMA KARTIKA 1-5 Padang