Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Bahasa Indonesia Berbasis Media Karikatur pada Materi Menulis Paragraf Persuasif Siswa Kelas X SMA N 5 Solok Selatan
Main Author: | Sri, Mayuni |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2078/4/13080090%20sri%20mayuni.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2078/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2078/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2078/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2078/ |
Daftar Isi:
- Penelitian pengembangan ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan menulis paragraf persuasif siswa yang dipengaruhi oleh tiga faktor: 1) guru sudah menggunakan beberapa metode pembelajaran, tetapi nilai menulis paragraf persuasif siswa masih rendah, 2) bahan ajar berupa LKS yang digunakan di sekolah kurang menarik minat belajar siswa, 3) belum tersedianya Lembar Kegiatan Siswa (LKS) berbasis media karikatur pada materi menulis paragraf persuasif kelas X di SMA N 5 Solok Selatan. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Lembar Kegiatan Siswa (LKS) Bahasa Indonesia berbasis karikatur pada materi menulis paragraf persuasif SMA N 5 Solok Selatan yang valid, praktis, dan efektif untuk digunakan dalam pembelajaran menulis paragaraf persuasif siswa kelas X. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang menggunakan 4-D Models yang terdiri dari 4 tahap, yaitu define (pendefenisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Namun, penelitian ini hanya dilakukan sampai tahap pengembangan (develop). Tahap define terdiri dari analisis awal-akhir, analisis siswa, analisis kurikulum, analisis konsep, dan analisis tugas. Pada tahap design dilakukan perancangan LKS Bahasa Indonesia berbasis karikatur pada materi menulis paragraf persuasif, kemudian pada tahap develop dilakukan uji validitas yang terdiri dari 4 orang dosen dan 1 orang guru bahasa Indonesia SMA N 5 Solok Selatan. Setelah LKS divalidasi, selanjutnya dilakukan uji praktikalitas oleh 1 orang guru dan 9 orang siswa kelas X SMA N 5 Solok Selatan. Berikutnya dilakukan uji efektivitas yang terdiri dari hasil aktifitas siswa selama menggunakan LKS yang dilakukan oleh 1 orang guru dan 1 orang observer dan nilai yang diperoleh terhadap 9 orang siswa. Selanjutnya, data dianalisis dengan teknik analisis data persentase dan diolah secara desktriptif. Hasil uji validitas LKS berbasis karikatur oleh validator menunjukkan bahwa LKS ini berada pada kriteria sangat valid, yaitu 87,65% ditinjau dari segi kelayakan isi, bahasa, penyajian, dan kegrafikaan. Hasil uji praktikalitas oleh guru berkriteria sangat valid, yaitu 96,15% dan hasil uji praktikalitas siswa menunjukkan LKS ini tergolong sangat praktis, yaitu 90,47%. Hasil uji efektivitas terdiri dari hasil pengamatan aktivitas siswa tergolong sangat berhasil yaitu 100%, sedangkan hasil belajar siswa tergolong sangat baik yaitu 93,51%. Dapat disimpulkan LKS berbasis karikatur pada materi menulis paragraf persuasif yang dihasilkan sudah valid, praktis, dan efektif.