Perbandingan Hasil Belajar Menulis Teks Eksplanasi Kompleks dengan Menggunakan Model Pembelajaran Examples non Examples dan Picture and Picture Ditinjau dari Mottivasi Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung
Main Author: | Fauzia, Mylanda |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2073/4/13080087%20FAUZIA%20MYLANDA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2073/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2073/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2073/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2073/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi beberapa permasalahan yang ditemui sebagai berikut. Pertama, siswa kurang terampil dalam menulis teks eksplanasi kompleks. Kedua, kurangnya pemahaman siswa terhadap materi pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks. Ketiga, guru tidak menggunakan model pembelajaran dalam pembelajaran menulis teks eksplanasi kompleks. Keempat, kurangnya motivasi belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk membandingkan antara model pembelajaran examples non examples dan picture and picture terhadap hasil menulis teks eksplanasi kompleks ditinju dari motivasi belajar siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah factorial 2x2. Teknik pengambilan sampel adalah dengan menggunakan simple random sampling. Populasi pada penelitian ini adalah kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung dengan sampel kelas XI IPS sebagai kelas uji coba angket, kelas XI IPS 3 sebagai kelas eksperimen I, dan kelas XI IPS 4 SMA sebagai kelas eksperimen II. Variabel dalam penelitian ini ada tiga yaitu variabel bebas, variabel terikat, dan variabel moderator. Data dalam penelitian ini adalah skor angket dan skor hasil menulis teks eksplanasi kompleks dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples dan picture and picture siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung. Hasil penelitian ini adalah pertama, tidak terdapat perbedaan yang signifikan menulis teks eksplanasi kompleks siswa menggunakan model pembelajaran examples non examples dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture karena. Kedua, tidak terdapat perbedaan yang signifikan menulis teks eksplanasi kompleks siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples dan siswa yang memiliki motivasi belajar tinggi dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Ketiga, tidak terdapat perbedaan yang signifikan menulis teks eksplanasi kompleks siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan menggunakan model pembelajaran examples non examples dan siswa yang memiliki motivasi belajar rendah dengan menggunakan model pembelajaran picture and picture. Keempat, tidak terdapat interaksi antara model pembelajaran dengan motivasi belajar terhadap hasil menulis teks eksplanasi kompleks siswa kelas XI SMA Negeri 2 Sijunjung.