Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media Audio Visual Terhadap Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas X SMA Negeri Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan

Main Author: Fitri, Yanti
Format: Thesis NonPeerReviewed Book
Bahasa: ind
Terbitan: , 2017
Subjects:
Online Access: http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2066/3/13080072%20FITRI%20YANTI.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2066/1/Abstrak.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2066/2/Kesimpulan.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2066/4/Daftar%20Pustaka.pdf
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2066/
Daftar Isi:
  • Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa faktor, faktor dari siswa dan faktor dari guru, hal ini dapat dilihat dari kemampuan siswa sangat rendah sekali dalam menulis puisi. Siswa pada dasarnya kurang paham dengan materi puisi, karena guru kurang memberikan variasi dalam penggunaan metode pembelajaran. Siswa mengalami kendala saat menentukan tema, majas dan pilihan kata yang akan ditulis menjadi puisi. Penelitian ini betujuan untuk mendeskripsikan kemampuan menulis puisi siswa tanpa menggunakan model pembelajaran dan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media audio visual dan pengaruh penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media audio visual terhadap kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA negeri 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah post-test only control group design. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X1 dan X2 SMA Negeri 2 Batang Kapas yang berjumlah 60 orang. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil kemampuan menulis puisi tanpa menggunakan model pembelajaran dan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media audio visual siswa kelas X SMA negeri 2 Batang Kapas Kabupaten Pesisir Selatan. Berdasarkan hasil analisis data terhadap kemampuan menulis puisi tanpa menggunakan dan dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media audio visual dapat disimpulkan sebagai berikut. Tingkat kemampuan menulis puisi siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas tanpa menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) memperoleh nilai rata-rata 61,85 dengan klasifikasi 56 – 65% yaitu Cukup. Tingkat kemampuan menulis puisi dengan menggunakan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media audio visual siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas memperoleh nilai rata-rata 76,29 dengan klasifikasi 76–85% yaitu baik. Berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh terhadap penggunaan model pembelajaran Numbered Head Together (NHT) berbantuan media audio visual siswa kelas X SMA Negeri 2 Batang Kapas karena thitung>ttabel (4,64>1,67).