Pengaruh Penggunaan Model Explicit Instruction Berbantuan Media Audio Visual terhadap Keterampilan Menulis Teks Biografi Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Painan
Main Author: | Andes Yuhanas, Saputra |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2063/4/13080066%20ANDES%20YUHANAS%20SAPUTRA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2063/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2063/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2063/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2063/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan sebagai berikut ini. Pertama, siswa kurang mampu merangkaikan kata-kata menjadi kalimat dalam menulis teks biografi. Kedua, siswa kurang berminat dalam menulis teks biografi. Ketiga, siswa sulit membedakan struktur isi teks biografi. Keempat, siswa belum mampu menulis teks biografi sesuai struktur teks biografi. Kelima, siswa sulit dalam menuliskan kembali teks biografi yang didengar. Keenam, bagi siswa pembelajaran menulis teks biografi tidak menarik dan membosankan. Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, mendeskripsikan keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan tanpa menggunakan model explicit instruction berbantuan media audio visual. Kedua, mendeskripsikan keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan dengan menggunakan model explicit instruction berbantuan media audio visual. Ketiga, mendeskripsikan pengaruh penggunaan model explicit instruction berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen. Desain penelitian ini adalah posttest only control design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan yang berjumlah 303 orang siswa dengan pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel pada penelitian ini kelas X Mia2 sebagai kelas kontrol dan X Mia1 sebagai kelas eksprimen. Data dalam penelitian ini adalah skor hasil keterampilan menulis teks biografi tanpa dan dengan menggunakan model explicit instruction berbantuan media audio visual siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut. Pertama, keterampilan menulis teks biografi tanpa menggunakan model explicit instruction berbantuan media audio visual siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan memperoleh nilai rata-rata 66,98 berada pada tingkat penguasaan/ rentangan 66-75% dengan kualifikasi lebih dari cukup (LDC). Kedua, tingkat keterampilan menulis teks biografi dengan menggunakan model explicit instruction berbantuan media audio visual siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan memperoleh nilai rata-rata 80,71 berada pada tingkat penguasaan/ rentangan 76-85% dengan kualifikasi Baik (B). Ketiga, berdasarkan hasil uji-t disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan model explicit instruction berbantuan media audio visual terhadap keterampilan menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan karena (5,86 1,67). Jadi, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model explicit instruction berbantuan media audio visual berpengaruh dalam pembelajaran menulis teks biografi siswa kelas X SMA Negeri 1 Painan.