Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Time Token Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VIII SMPN 3 Lintau Buo Kabupaten Tanah Datar
Main Author: | Citra, Wahyu Purnomo |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2062/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2062/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2062/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2062/4/11050111%20CITRA%20WAHYU%20PURNOMO.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2062/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep matematis siswa masih rendah dan peran aktif siswa dalam pembelajaran belum merata pada kelas VIII SMPN 3 Lintau Buo. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional kelas VIII SMPN 3 Lintau Buo. Jenis penelitian ini adalah eksperimen, dengan Rancangan penelitian yang digunakan adalah Random Terhadap Subjek, sampel diambil secara acak dengan melakukan lotting. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMPN 3 Lintau Buo Tahun Pelajaran 2016/2017 yang terdiri dari enam kelas. Terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VIII6 dan kelas kontrol adalah kelas VIII4. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes akhir berbentuk essay dengan reliabilitasnya 0,6975 Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan uji t. Berdasarkan hasil uji hipotesis diperoleh thitung = dan ttabel=1,68, dengan α=0,05, karena thitung > ttabel maka hipotesis diterima. Dapat disimpulkan bahwa pemahaman konsep matematis siswa dengan model pembelajaran kooperatif tipe Time Token lebih baik daripada pemahaman konsep matematis siswa dengan pembelajaran konvensional pada pembelajaran matematika siswa kelas VIII SMPN 3 Lintau Buo.