Pengaruh Penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question Terhadap Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas XI IPA SMAN 1 Batang Kapas
Main Author: | Febi, Anggelia |
---|---|
Format: | Thesis NonPeerReviewed Book |
Bahasa: | ind |
Terbitan: |
, 2017
|
Subjects: | |
Online Access: |
http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2061/1/Abstrak.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2061/2/Kesimpulan.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2061/3/Daftar%20Pustaka.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2061/4/11050095%20FEBI%20ANGGELIA.pdf http://repo.stkip-pgri-sumbar.ac.id/id/eprint/2061/ |
Daftar Isi:
- Penelitian ini dilatar belakangi oleh pemahaman konsep siswa yang masih rendah, siswa lebih banyak diam dan tidak mau bertanya kepada guru tentang materi yang belum dipahami. Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Batang Kapas dengan penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan rancangan penelitian random terhadap subjek. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XI IPA SMAN 1 Batang Kapas Tahun pelajaran 2016/2017. Teknik pengambilan sampel dilakukan secara acak, dengan kelas XI IPA 2 sebagai kelas eksperimen dan kelas XI IPA 3 sebagai kelas kontrol. Instrumen penelitian tesakhir berbentuk esai yang reliabel dengan = 0,88. Teknik analisis data tes akhir menggunakan uji t satu pihak. Berdasarkan analisis data tes akhir diketahui bahwa kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji hipotesis diperoleh = 3,43 lebih besar dari = 1,668. Dengan demikian, hipotesis diterima yaitu pemahaman konsep matematis siswa kelas XI IPA SMAN 1 Batang Kapas dengan penerapan Strategi Pembelajaran Aktif Tipe Learning Starts With A Question lebih baik dari pada pemahaman konsep matematis siswa dengan penerapan pembelajaran konvensional.